Bunda, Berikan Anak Makanan Kaya Nutrisi untuk Perkembangan Otak Anak

Nutrisi merupakan unsur penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Salah satunya adalah nutrisi untuk perkembangan otak anak. Jika asupan nutrisi untuk otak pada anak tidak tercukupi, maka bisa menurunkan fungsi otak bahkan sampai menghambat perkembangan otak pada anak.

Dan untuk mendukung perkembangan otak anak, Bunda harus memberikan nutrisi yang baik untuk perkembangan otak anak. Di sini, ada beberapa jenis nutrisi yang baik dan penting untuk perkembangan otak anak.

5 Nutrisi yang Baik dan Penting untuk Perkembangan Otak Anak

1. Protein

Protein merupakan salah satu nutrisi yang baik dan penting untuk perkembangan otak anak. Di mana protein ini berperan untuk pembentukan sel baru dalam otak. Hal ini yang membuat otak bisa terus mengalami perkembangan dan pertumbuhan.

Bunda bisa membuat makanan yang berprotein dengan bahan dasar telur, daging sapi, ikan, tahu, tempe. Selain itu, Bunda bisa menemukan sumber protein pada kacang hijau.

2. Asam Folat

Asam folat salah satu anggota dari kelompok vitamin B, karena asam folat adalah nama lain dari vitamin B9. Vitamin B terkenal untuk perkembangan anak, termasuk vitamin B9 atau asam folat yang berguna untuk perkembangan otak anak.

Asam folat berfungsi membantu menenangkan dan memelihara sistem saraf otak dan fungsi otak anak. Sehingga perkembangan otak anak akan terus meningkat, dan tidak mengalami penurunan. Perkembangan otak yang baik bisa membantu meningkatkan daya ingat dan fokus anak. Dalam kondisi ini anak tidak akan terkena gangguan fungsi otak.

Dan untuk sumber makanannya, Bunda sangat mudah untuk menemukannya. Bunda bisa menemukan asam folat pada sayuran hijau, seperti bayam, brokoli. Kemudian, asam folat juga bisa ditemukan pada buah, seperti alpukat, pisang, dan tomat, serta pada jenis kacang – kacangan, seperti kacang merah, kacang hijau, dan lainnya.

3. Omega 3

Omega 3 juga berperan penting untuk perkembangan otak anak serta perbaikan jaringan dan sel otak. Di mana nutrisi ini memperbaiki aliran darah ke otak. Dengan lancarnya aliran darah, sel baru dalam otak akan terbentuk dengan baik.

Omega 3 tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, jadi Bunda harus memberikan asupan nutrisi yang cukup. Sumber omega 3 bisa Bunda dapatkan di telur, makanan laut, minyak ikan, kacang – kacangan.

4. Zat Besi

Kemudian, salah satu nutrisi yang baik untuk perkembangan otak anak adalah zat besi. Fungsi zat besi yaitu membantu pembentukan sel darah merah. Hal ini karena sel darah merah bisa membawa oksigen yang nantinya dialirkan ke seluruh tubuh termasuk ke otak. Dengan asupan oksigen yang cukup, otak anak bisa berkembang.

Untuk memenuhi asupan zat besi anak Bunda bisa membuat menu makanan dari daging merah, daging unggas, sayur hijau, kacang – kacangan, dan biji-bijian. Selain itu, Bunda bisa memberikan buah sebagai camilan anak, seperti stroberi.

5. Kolin

Kolin merupakan bentuk dari vitamin B kompleks. Kolin mendukung perkembangan otak anak dengan cara mengatur fungsi gen, dan mengatur perkembangan saraf otak. Meskipun kolin bisa diproduksi oleh tubuh, namun jumlahnya sangat sedikit. Jadi, Bunda perlu menambah asupannya, yaitu dengan memberikan makanan dari kuning telur, daging merah, ikan, yoghurt, dan keju.

Jadi, yuk Bunda terus berikan asupan nutrisi di atas, agar otak anak bisa berkembang dengan optimal. Yang mana bisa membantu proses kembang tumbuh, dan kecerdasan anak.

adminewas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top