June 1, 2024
Contoh Surat Pemberitahuan Pembayaran

Untuk bisa membuat surat pemberitahuan pembayaran, Anda harus memahami tentang dasar bagaimana penulisannya. Salah satu langkah dasarnya yang bisa dilakukan adalah dengan memahami contoh surat pemberitahuan pembayaran.

Dengan melihat contoh suratnya terlebih dahulu, paling tidak Anda bisa mendapatkan gambaran seperti apa surat tersebut. Selanjutnya, dari contoh tersebut bisa dilihat bagaimana struktur yang ada di dalamnya.

Lalu, apakah Anda sudah mencari contoh dan juga struktur penulisan dari surat pemberitahuan pembayaran tersebut? Jika memang belum mengetahui tentang hal tersebut, maka Anda bisa menyimaknya pada ulasan berikut ini.

Contoh Surat Pemberitahuan Pembayaran

Contoh Surat Pemberitahuan Pembayaran

Untuk dapat membuat surat pemberitahuan pembayaran, tentu tidak ada salahnya bagi Anda melihat contoh penulisannya. Berikut ini adalah contoh surat pemberitahuan pembayaran yang bisa dijadikan sebagai salah satu pedoman pembuatan surat pembayaran tersebut.

 

CV. BERDIRI SENDIRI MANDIRI

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Jalan Gusti Randa Nomor 11 B, Bantul

Website: www.berdirisendiri.com, Fax: 9300190209109, Telp 021 93019020

Nomor: 190/SUTO/XIII/2022

 

11 Mei 2022

 

Kepada PT. TURAH REZEKINYA

Jalan Medan Terbuka Nomor 23

Sleman, DIY

 

Perihal                  : Pengiriman Pembayaran

Lampiran             : Bukti Telah Mengirim Pembayaran

 

Dengan hormat,

 

Kami telah menerima barang yang telah dipesan tertanggal 30 April 2022, berupa 5 buah laptop dan 7 buah televisi. Semua barang pesanan tersebut telah dicek dan hasilnya dalam keadaan yang baik.

Berdasarkan dari kesepakatan sebelumnya, bahwa sisa pembayaran Rp 15.000.000 (Lima Belas Juta Rupiah) sudah dibayarkan lewat Bank Mandiri. Adapun bukti dari pembayaran tersebut sudah dilampirkan.

Atas perhatian dan pelayanan dari Saudara, kami mengucapkan terima kasih banyak.

 

Hormat kami,

 

Kuncoro Dwi Adiputro

Kepala Bagian Keuangan

 

Seperti itu kurang lebih contoh surat pemberitahuan pembayaran yang dapat dijadikan contoh. Untuk langkah selanjutnya, Anda dapat menyesuaikan isi dan keperluan tersebut sesuai dengan jenis pembayaran yang dilakukan.

Struktur Penulisan Surat Pemberitahuan Pembayaran

Setelah melihat seperti apa contoh surat pemberitahuan pembayaran di atas, berikutnya akan dijelaskan juga tentang struktur dan unsur di dalamnya. Pasalnya, format ini merupakan rangka utama dalam membuat surat seperti ini.

Susunan dan format yang terdapat pada surat pemberitahuan pada dasarnya merupakan hasil kesepakatan. Oleh karena itu, format struktur tersebut digunakan pada berbagai macam surat pemberitahuan.

Berikut ini adalah struktur penulisan surat pemberitahuan pembayaran.

Kop Surat

Struktur pertama pada contoh surat pemberitahuan pembayaran di atas adalah bagian kop surat. Bagian kop surat ini termasuk salah satu yang harus dicantumkan ke dalam penulisan surat resmi seperti surat pemberitahuan pembayaran ini.

Pada penulisan bagian nama lembaga instansi di kop surat, digunakan huruf kapital atau huruf besar. selanjutnya, format huruf yang digunakan dalam penulisan informasi tersebut juga harus tebal dan menggunakan pengaturan rata tengah.

Untuk memberikan tambahan kesan resmi pada surat tersebut bisa juga diberikan lambang ataupun logo dari instansi terkait. Tujuannya tentu agar surat pemberitahuan yang dibuat dapat terlihat serius dan juga resmi di mata penerima surat.

Waktu Pembuatan Surat

Pada penulisan waktu pembuatan surat dilakukan berdasarkan kapan surat pemberitahuan pembayaran tersebut dibuat. Untuk posisi dari waktu tersebut umumnya diletakkan pada awal surat tepatnya di bawah kop surat.

Susunan penulisan waktu pembuatan surat tersebut umumnya menggunakan urutan dari hari, tanggal, bulan, dan juga tahun. Pada saat menuliskan informasi tersebut jangan sampai terjadi kesalahan agar tidak membuat surat mendapatkan kesan yang buruk.

Identitas dan Alamat Penerima Surat

Struktur berikutnya yang ada di dalam contoh surat pemberitahuan pembayaran ini adalah identitas dan juga alamat penerima surat. Pada bagian ini bisa dituliskan nama penerima secara lengkap beserta gelarnya dengan jelas.

Selanjutnya, di bagian bawah nama penerima surat, wajib juga dicantumkan alamat dari penerima. Sajikan penulisan alamat tersebut secara tepat agar tidak terjadi kesalahan pada saat proses pengiriman surat pemberitahuan tersebut.

Salam

Untuk membuka surat pemberitahuan yang dibuat, Anda bisa membubuhkan salam pembuka. Pada umumnya, salam ini hanya terdiri dari sapaan yang singkat dengan satu sampai dua kata salam saja.

Penempatan salam pembuka ini biasanya ada di bagian bawah dari identitas penerima surat. Sementara untuk posisinya, salam pembuka berada di bagian kiri badan surat pemberitahuan yang Anda buat.

Pembukaan

Setelah menyematkan salam pembuka, selanjutnya Anda bisa mulai untuk menuliskan kalimat pembukaan. Penulisan pembukaan ini dapat diberikan jarak sekitar satu kali enter dengan salam pembuka yang dituliskan sebelumnya.

Sementara untuk kalimat pembukaan, Anda bisa gunakan singkat saja seperti yang terdapat pada contoh surat pemberitahuan pembayaran sebelumnya. Penulisan bagian pembukaan ini menggunakan format paragraf justify atau rata kanan kiri.

Inti Surat

Setelah menyelesaikan bagian pembukaan, struktur pada surat pemberitahuan pembayaran berikutnya adalah inti surat. Pada bagian ini, isi surat harus dijelaskan dengan rinci dan detail supaya informasi yang disampaikan jelas.

Dalam penulisan inti surat, Anda bisa jelaskan tentang kegiatan, waktu, tempat kegiatan, dan hal-hal penting lainnya. Pastikanlah tidak ada suatu hal yang terlewatkan dalam kaitan dengan urusan pembayaran yang diberitahukan.

Apabila terdapat informasi tentang jumlah pembayaran yang dilakukan, maka bisa disampaikan dengan format angka dan juga secara terbilang. Tujuannya tentu agar pembaca tidak melakukan kesalahan dalam membaca inti surat yang dibuat.

Selain itu, pada bagian inti surat ini Anda harus menggunakan bahasa yang formal, singkat, dan juga jelas. Penggunaan bahasa yang terlalu bertele-tele dapat membuat pembaca kesulitan dalam memahami inti dari surat yang dibaca.

Penutup

Apabila bagian inti surat telah semuanya disampaikan dengan singkat dan jelas, maka bagian berikutnya adalah penutup surat. Secara keseluruhan, konsep dari penutup paragraf surat ini tidak jauh berbeda dengan pembukaan.

Namun, pada dasarnya penutup ini diberikan sebagai tanda bahwa pembahasan surat telah mencapai akhir. Untuk penulisan bagian penutup biasanya juga disertai dengan harapan dan juga ucapan terima kasih dari pihak pembuat surat.

Salam Penutup

Setelah penutup sudah selesai dibuat, lebih baik disertakan juga salam penutup. Pada bagian salam ini bisa dituliskan dengan menggunakan kalimat atau kata yang singkat misalkan satu atau dua kata saja untuk mengakhiri surat.

Nama Terang Dan Tanda Tangan Pembuat Surat

Pada bagian akhir surat di contoh surat pemberitahuan pembayaran, terdapat pembubuhan nama terang dan juga tanda tangan dari pembuat surat. Tuliskanlah nama terang pembuat surat tersebut secara lengkap dan juga jelas.

Format penulisan untuk nama terang ini umumnya menggunakan rata kiri. Namun, pada beberapa contoh surat pemberitahuan lainnya ada juga yang menggunakan pengaturan rata kanan untuk nama terang beserta tanda tangannya.

Begitulah tadi penjelasan tentang format dan juga contoh surat pemberitahuan pembayaran yang bisa digunakan. Berdasarkan informasi di atas, diharapkan Anda bisa membuat surat pemberitahuan pembayaran yang benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *