March 25, 2024

Semakin menua seseorang, tubuhnya akan mengalami beragam perubahan tak hanya fisik namun juga penurunan fungsi organ tubuh sebut saja sistem pernapasan, fungsi jantung dan pembuluh darah, sistem pencernaan, ginjal, hingga tulang dan sendi. Untuk itu guna menjaga kesehatan dan kebugaran, manula disarankan untuk melakukan aktivitas fisik.

Meskipun orang yang telah menginjak usia 65 tahun ke atas dianjurkan untuk mengurangi aktivitas berat, namun bukan berarti tidak melakukan kegiatan apapun. Karena rupanya terdapat banyak jenis olahraga yang baik dan aman dilakukan orang lanjut usia yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Apa saja?

Intensitas Rendah

Tak perlu melakukan aktivitas berat dan melelahkan, karena rupanya beragam kegiatan mulai dari mencuci piring, menyiapkan makanan, merapikan tempat tidur, berjalan santai, hingga memainkan instrumen musik termasuk dalam kegiatan intensitas rendah yang baik untuk dilakukan para manula.

Saat sedang duduk santai, tubuh akan mengeluarkan energi setara dengan 1 MET. Namun ketika melakukan kegiatan fisik ringan, tubuh mengeluarkan energi kurang dari 3,5 kilokalori (Kcal) per menit atau kurang dari 3 MET.

Intensitas Sedang

Selain intensitas rendah, lansia juga dapat melakukan aktivitas fisik sedang seperti melempar bola basket ke dalam ring, mengelap jendela, menari pelan, berjalan, cepat, merapikan rumput, hingga menyapu dan mengepel lantai. Beragam kegiatan tersebut membutuhkan energi sebanyak 3,5-7 kilokalori (Kcal) atau 3-6 MET.

Intensitas Tinggi

Terakhir adalah melakukan kegiatan dengan intensitas tinggi contohnya menggali tanah di halaman, membawa barang belanjaan, memindahkan perabotan rumah, lompat tali, sepak bola, berenang, hingga berlari lebih dari 5 mil per jam. Aktivitas tersebut membutuhkan energi sebesar lebih dari 7 kilokalori (Kcal) per menit atau lebih dari 6 MET.

Manfaat Melakukan Aktivitas Fisik untuk Lansia

Berikut beragam manfaat yang bisa didapatkan tubuh manula ketika melakukan kegiatan di atas diantaranya :

  • Mengontrol tekanan darah
  • Mengontrol berat badan
  • Mengontrol kadar kolesterol
  • Menunjang postur tubuh ideal
  • Meningkatkan daya tahan serta sistem kekebalan tubuh
  • Melatih kelenturan sendi serta kekuatan otot
  • Mengontrol stres
  • Mengurangi kecemasan pikiran

Guna menunjang aktivitas fisik, tubuh lansia juga membutuhkan asupan bergizi dan cukup seperti lemak sehat, serat, vitamin D, kalsium, serta protein. Untuk menjaga daya tahan tubuh, konsumsi Ensure yang memiliki kandungan nutrisi lengkap sebanyak dua kali dalam sehari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *